Swan Song, Dari Dua Lipa Menjadi Pengiring Alita : Battle Angel

GANDOOS – Dua Lipa, penyanyi pop peraih nominasi Grammy Award 2019 meluncurkan single “Swan Song” yang menjadi lagu pengiring dalam film Alita : Battle Angel. Film dari rumah produksi Twentieth Century Fox’s ini sedianya akan tayang pada 14 Februari 2019. Lagu “Swan Song” ditulis oleh Justin Tranter, Kennedi Lykken, Mattias Larsson, Robin Fredriksson, Tom Holkenborg dan Dua Lipa.

Jon Landau, Produser Alita : Battle Angel menyatakan telah jatuh hati pada Dua Lipa saat melihat video music “New Rules”. Sejak itu, dia sudah memikirkan bahwa Dua Lipa akan menjadi artis yang sempurna untuk mengisi lagu pengiring Film ALITA: BATTLE ANGEL. Dua Lipa menurut Landau, memiliki kekuatan dan sikap yang kuat sebagaimana sosok Alita dalam film ini. Tek heran Jim, Robert dan Landau sangat senang dan yakin Dua Lipa akan menjadikan lagu ‘Swan Song’ menjadi inspirasi dan pemberdayaan yang sempurna untuk film tersebut.

Disisi lain, Dua Lipa juga merasa tertarik pada sosok Alita. Ia dan para pencipta Swan Song merasakan Alita sebagai sosok luar biasa yang datang bersama. Sebagaimana Landau nyatakan, Dua Lipa juga merasakan sedikit kesamaan dalam dirinya pada sosok Battle Angel ini. Bahkan sepintas dengan gaya yang “badass” dan potongan rambut, keduanya mirip. Alita adalah sosok perempuan yang menentang penindasan dan siap membela kaum lemah, dua hal yang Dua Lipa selaraskan dengan dirinya.

Alita: Battle Angel dibintangi oleh Rosa Salazar, Christoph Waltz, Jennifer Connelly, Mahershala Ali, Ed Skrein, Jackie Earle Haley dan Keean Johnson dalam format animasi. Skenario ditulis oleh James Cameron dan Laeta Kalogridis, berdasarkan novel grafis (“Manga”) seri “GUNNM”  karya Yukito Kishiro.

Film besutan James Cameron (AVATAR) dan Robert Rodriguez (SIN CITY), merupakan petualangan epik akan harapan dan kemerdekaan diri. Dikisahkan Alita (Rosa Salazar) dibangunkan dengan tanpa kenangan diri sebelumnya. Dia mulai mencari jatidiri dan tujuan hidupnya, dibantu Dr. Ido (Christoph Waltz), seorang dokter terkenal yang mengabdikan diri di kota Cyborg. Dia menemukan sosok wanita muda dengan latar belakang yang menakjubkan. Seiring waktu, Alita mulai bisa memahami tubuh cyborgnya dan menjalani kehidupan yang mengasyikkan di Iron City. Ido sendiri mencoba untuk menyembunyikan latar belakang Alita dari masa lalunya hingga Alita bertemu dengan sosok pemuda pintar yang menjadi kawan mainnya, Hugo (Keean Johnson). Pemuda ini menawarkan bantuan pada Alita  agar ia bisa mengingat kembali masa lalunya. Hingga akhirnya Alita menyadari sosok jatidirinya dan tujuan dia diciptakan. Sementara itu, penguasa kota yang korup dan tiran menjadi ancaman bagi warga kota. Alita yang kini telah menyadari sosok dirinya, tidak tinggal diam. Dia berjuang dan bertempur melawan kekuasaan tiran ini untuk menyelematkan orang-orang yang dicintainya.

Sejak rilis album debutnya berjudul namanya, Dua Lipa – penyanyi kelahiran London dan besar di Kosovo ini bernaung dibawah Warner Bros. Records, langsung mencuri perhatian penggemar musik bahkan media. Sederet lagu-lagu yang ada di album Dua Lipa menjadi darah segar baru dalam genre pop, yang tak terbantahkan dilantai-lantai dansa, sangat kuat dan lekas mendapatkan tempat dihati penikmat musik.

Kemunculannya menjadi bahan pembicaraan dan pemberitaan, mulai dari media papan atas seperti The FADER hingga Rolling Stone sampai majalah Time Magazine.

Lagu andalannya, “New Rules” menduduki tangga lagu no 1 yang bertahan hingga waktu berminggu-minggu di Billboard Pop Songs Chart. Video musik New Rules tersebut menjadi fenomena baru di media sosial. Viral dan ditonton lebih dari 1,5 milyar di You Tube, mentasbihkan Dua Lipa sebagai penyanyi solo wanita pertama yang mampu mencapai penonton diangka tersebut. Secara konsisten, dia menjadi artis cewek paling laku di Spotify dan menduduki puncak 5 artis papan atas secara global di tahun lalu. Penjualan albumnya bahkan mencapai 3 juta kopi, dimana single-singlenya terjual mencapai 40 juta kali.

Baru-baru ini, Dua Lipa meraih dua penghargaan Grammy untuk Best New Artist dan Best Dance Recording untuk “Electricity” (yang dinyanyikan bersama Silk City dengan menampilkan Diplo & Mark Ronson), dan meraih BRIT Award sebagai artis wanita yang mampu mengantongi lima nominasi dan membawa pulang penghargaan British Breakthrough Act dan British Female Solo Artist. (Lukman Hqeem)