Anugerah Jurnalistik POLRI ajak sejukkan Publik

Gandoos – Era demokrasi telah menggiring suhu politik di Indonesia semakin mamanas terutama pada penyelenggaraan Pilkada 2018, Polri sebagai sistem pendingin (cooling system) dalam pesta demokrasi tersebut berupaya melakukan langkah strategis pengelolaan narasi publikasi yang mendukung kinerja Polri dengan menggandeng media massa terkait pemberitaan Pilkada Damai.

Upaya tersebut diwujudkan melalui terselenggaranya Anugerah Jurnalistik Polri 2018 dengan tema “Bersama Polri Wujudkan Pilkada Damai 2018” yang telah dimulai sejak 23 Maret hingga 1 Juli 2018 lalu, mulai dari kategori media cetak, online, radio, hingga televisi dengan tujuan mengajak seluruh insan media untuk menyampaikan pesan-pesan sejuk kepada publik melalui pemberitaan Pilkada Damai.

Kini tahapan perlombaan telah memasuki tahap penjurian dan pemilihan nominasi, dilanjutkan dengan penentuan karya terbaik oleh segenap dewan juri yang dijadwalkan secara resmi diumumkan kepada para pemenang di setiap kategorinya pada Rabu, (18/07/2018).

Penyelenggaraan penganugerahan kepada para jurnalis tersebut bertempat di Main Atrium Ground Flour, Mall Gandaria City, Jakarta pada pukul 15:30 WIB dan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D yang juga berkesempatan memberikan hadiah secara langsung kepada para pemenang.

Sebagaimana telah diumumkan sebelumnya bahwa para pemenang dari kategori yang dilombakan yaitu, jurnalis, foto dan karikatur akan membawa pulang sejumlah uang tunai, trophy, piagam serta hadiah utama berupa kesempatan meliput kegiatan Kapolri ke luar negeri (menghadiri raker interpol dan kerjasama antar polisi luar negeri).

Selain itu, sponsor utama dalam acara ini yakni BRI, Pertamina dan pihak Gandaria City serta para Pejabat Tinggi Mabes Polri, pimpinan redaksi, segenap dewan juri dan para tamu undangan juga turut memeriahkan penganugerahan kepada jurnalis dengan total sekitar 300 orang.

Kemudian, berdasarkan susunan acara, puncak acara terletak pada penayangan hasil karya pemenang lomba yang disertai sambutan dari perwakilan pemenang di setiap kategori. Kunjungan Kapolri ke stand kepolisian yang telah disediakan menjadi penutup dari rangkain acara Anugerah Jurnalistik Polri 2018.

Atas partisipasi dan karya luar biasa dari para jurnalis, Polri menyampaikan apresiasi yang luar biasa pula karena jurnalis turut berkontribusi dalam mewujudkan Pilkada Damai 2018 serta sebagai wujud nyata dalam membantu Polri menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat melalui tulisan, foto maupun tayangan yang dapat menurunkan suhu panas politik negeri selama Pilkada berlangsung.

Serta Divisi Humas Polri yang berperan sebagai penghubung antara institusi Polri dengan para pemangku kepentingan berkomitmen akan terus meningkatkan sinergisitas dengan insan media untuk bersama-sama menciptakan situsi yang kodusif di negeri ini melalui pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat dan pemberitaan yang berimbang.