Aquaman Rajai Box Office Selama Tiga Minggu

Gandoos – Kisah petualangan Putra Zeus, Aquaman masih memuncaki tangga perolehan tiket bioskop selama tiga minggu beruntun. Namun kini muncul penantang baru, film jawara thriller “Escape Room” yang cukup gemilang dalam debut minggu perdana.

Film produksi Warner Bros, selama sepekan hingga Minggu (06/01) meraup setidaknya $30.7 juta dari sekitar 4,000 bioskop di Amerika Utara. Hasilnya, pendapatan kotor film ini hampir $260 juta. Keberhasilan ini, membawa berkah pula bagi bintang utama, Jason Momoa yang kini menikmati tsunami popularitas secara international pula.

Dari seluruh dunia, pendapatan film dari serial komik DC ini meraup $940.7 juta, sejauh ini merupakan film sempalan dari DC yang memiliki pendapatan tertinggi, diatas film “Batman v Superman: Dawn of Justice yang meraup $873.6 juta.

Tantangan bagi Aquaman kini hadir, sempat terlambat dirilis dalam musim liburan, film Escape Room dari Sony langsung menohok ke posisi kedua. Dengan peringkat tontonan PG-13, film Escape Room langsung membuntuti Aquaman diminggu pertama kemunculannya. Meraih pendapatan sekitar $18 juta, angka ini sudah dua kali lipat dari perkiraan biaya produksinya.

Escape Room dibintangi oleh Taylor Russell, Deborah Ann Woll dan Logan Miller dengan sutradara Adam Robitel. Mendapatkan sejumlah kritik dari kritikus dan para penontonnya. Namun tak juga memberatkan dirinya ditangga Box Office.

Biasanya, film-film yang dirilis pada awal January, kurang mendapat sambutan sehingga dijauahi para sineas untuk merilis filmnya. Namun kali ini justru menjadi berkah bagi Escape Room. Sony secara piawai mampu meraih keuntungan dan menggincar tahta Box Office.

Posisi ketiga, diduduki oleh film “Mary Poppins Returns” dari Disney dengan mengantongi pendapatan sekitar $15.8 juta. Film Musikal Nostalgia ini, meraih pendapatan $138.7 juta secara nasional. Kini mengincar penghargaan Golden Globe Awards Sunday. Secara global, pendapatannya mencapai $257.9 juta.

Film Spider-Man: Into the Spider-Verse menduduki posisi ke empat dengan meraup $13 juta dan “Bumblebee” membukukan sekitar $12.8 juta diposisi kelima. Sementara film biopic Dick Cheney “Vice” turun 25 % di minggu kedua, dengan hanya meraup $5.8 juta dan menduduki posisi ketujuh. Vice sendiri akhirnya meraih salah satu nominasi diajang Globe kategori actor terbaik film komedi dan musical. Aktor Christian Bale memerankan mantan Presiden AS, cukup meyakinkan sehingga mengondol penghargaan tersebut. Vice meraup $29.8 juta dan terus berpotensi naik dengan perkiraan anggaran produksi sebesar $60 juta.

Dirilis secara terbatas, film biopic dari Ruth Bader Ginsburg berjudul “On the Basis of Sex” kembali melanjutkan kinerjanya dengan baik. Meraup sekitar $1.7 jutra dari 112 bioskop, sebelum meluas diseluruh negeri pada minggu depan. Film Bollywood “Simmba,” diputar pada 292 lokasi bioskop dengan pendapatan kotor mencapai $1 juta, pendapatan total di Amerika Utara sebesar $4.1 juta.

Enam hari menjelang Tahun Baru dan menutup catatan akhir 2018, dibawah box office sekitar 5%,  dimana merupakan jumlah total angka ditahun lalu, ketika “Star Wars: The Last Jedi” dan “Jumanji: Welcome to the Jungle” masih mencetak uang. Namun semuanya berubah total ketika “Glass” mulai tayang pada 18 Januari. Film dari M. Night Shyamalan ini mampu memecah rekor bulan Januari.

Total pendapatan selama pekan kemarin di AS dan kanada, menurut Comscore adalah sebagai berikuat :

1.”Aquaman,” $30.7 juta ($56.2 juta secara international).

2.”Escape Room,” $18 juta.

3.”Mary Poppins Returns,” $15.8 juta ($23 juta secara internasional).

4.”Spider-Man: Into the Spider-Verse,” $13 juta ($11.7 juta secara internasional)

5.”Bumblebee,” $12.8 juta ($82.7 juta secara internasional).

6.”The Mule,” $9 juta.

7.”Vice,” $5.8 juta ($1.3 juta secara internasional).

8.”Second Act,” $4.9 juta ($1.4 juta secara internasional).

9.”Ralph Break the Internet,” $4.7 juta ($25 juta secara internasional).

10.”Holmes and Watson,” $3.4 juta ($1.7 juta secara internasional).(LH)