Golden Springs Group menjual sahamnya di Gold Coin

Golden Springs Group (GSG) hari ini mengumumkan penjualan 75% saham mereka di Gold Coin Management Holdings Ltd. (Gold Coin) ke Pilmico International Pte Ltd. (Pilmico), yang merupakan anak perusahaan dari Aboitiz Equity Ventures, Inc. (AEV).

Nilai transaksi ini sebesar US $ 550 juta. Model bisnis murni-bermain unik dalam industri dengan prospek pertumbuhan tinggi. Ini merupakan transaksi akuisisi terbesar di bidang pakan ternak se-Asia Tenggara Transaksi ini akan melihat dimulainya kemitraan jangka panjang antara Aboitiz Group dan GSG, yang akan terus mempertahankan 25% saham dalam Gold Coin.

Gold Coin adalah salah produsen nutrisi hewani terbesar di Asia Pasifik, dengan produk pakan ternak yang seimbang secara ilmiah. Beroperasi di 11 negara, Gold Coin menjadi merek yang paling diakui dan dihormati dari masing-masing pasarnya. Sekaligus merupakan satu-satunya produsen nutrisi hewan murni yang aktif di mayoritas pasar pakan ternak utama di Asia Tenggara. Didirikan pada tahun 1953 di Singapura, Gold Coin adalah pelopor dalam nutrisi hewan di wilayah ini dengan produksi pabrik yang terus berkembang.

Pilmico sendiri merupakan unit usaha makanan dari Aboitiz Group, berada di peringkat tiga besar produsen tepung dan nutrisi hewan di Filipina. AEV adalah perusahaan induk dari Aboitiz Group dengan investasi besar dalam bidang kekuasaan, perbankan dan jasa keuangan, makanan, infrastruktur, dan tanah.

“Keluarga Zuellig dan Aboitiz sudah saling kenal selama beberapa generasi. Saya senang tentang kemitraan dengan Aboitiz Group, salah satu konglomerat terbesar dan paling mapan di wilayah ini. Kemitraan ini akan memperkuat profil pertumbuhan Gold Coin dan potensi penciptaan nilai jangka panjang, “kata Peter Zuellig, Ketua GSG.

Dia menambahkan, “Pertumbuhan industri pakan ternak Asia Pasifik terus melebihi produksi global, didukung oleh fundamental ekonomi makro yang solid. Gold Coin, siap untuk memanfaatkan konsumsi protein yang meningkat. GSG telah memutuskan untuk terus mempertahankan kepemilikan di bidang ini dan kami dapat memainkan peran dalam pertumbuhan Pilmico. ”

” Dengan potensi pasar ASEAN sebesar 500 juta akan membawa banyak peluang untuk memperluas basis pelanggan kami. Akuisisi ini berfungsi sebagai platform untuk mencapai strategi Pilmico untuk menumbuhkan bisnis penggilingan pakan inti kami di luar ASEAN dan sekarang di seluruh Asia. Akuisisi ini akan menambah hingga satu juta metrik ton volume yang melipatgandakan kapasitas produksi pakan kami secara keseluruhan”, kata Sabin M. Aboitiz, Chief Operating Officer dan Chief Executive Officer Pilmico AEV.

Sementara menurut Gerald Wilflingseder, General Manager dari Gold Coin, berharap dengan akusisi dengan Pilmico dapat menghasilkan sinergi yang signifikan bagi kedua perusahaan. Ditambahkan olehnya bahwa kami sangat menantikan untuk bekerja dengan Aboitiz dan GSG untuk mengkristalkan visi strategis Gold Coin.

Credit Suisse bertindak sebagai penasihat keuangan tunggal GSG dalam transaksi ini. Joss Gandoos. (Lukman Hqeem)