WIDOWS

GANDOOS – Widows, film drama aksi perampokan oleh para janda perampok ini merupakan karya terbaru sutradara Steve McQueen, peraih Oscar dari film 12 years a slave.

Berawal dari kegagalan perampokan yang dimpin oleh Harry Rawlings (Liam Neeson), meninggalkan para janda bromocorah ini terlilit masalah uang. Jalan pintas ditempuh dengan melakukan aksi perampokan. Desain aksinya merupakan warisan Harry yang disimpan dalam buku catatan setiap aksinya.

Widows mengambil latar belakang di kota Chicago bukan tanpa alasan. Menurut sang sutradara, pemilihan kota ini karena Chicago memiliki akar sejarah kuat dengan dunia kriminalitas AS. Legenda mafia Alcapone, membangun kerajaan bisnisnya dari kota ini pada dekade 1920an.

Skenario dari Gillian Flynn berhasil meramu sejumlah isu dalam film ini. Chicago yang kental dengan masalah ras, politik, dan ekonomi, berbaur menjadi cerita yang kompleks. Widows berhasil memotret masalah sosial yang nyata dalam masyarakat Amerika Serikat dewasa ini.

Alur cerita sangat lambat dan bisa membosankan. Namun buat penyuka film Drama, tentu tidak terlalu masalah. Sayangnya, untuk yang menantikan aksi dar der dor, karena nama Liam Neeson- yang ngetop dalam saga Taken, harus siap siap kecewa.

Steve McQueen menyatakan bahwa Widows memang adaptasi dari serial TV dengan judul yang sama ditahun 1983. Impiannya adalah suatu saat dia ingin memproduksi film Widows, dan terwujud 35 tahun kemudian.

Para penonton mungkin sedikit terobati buat yang suka waralaba Fast n Furious, penampilan Michelle Rodriquez lumayan menghibur. Atau Elizabeth Debicki yang mencuri perhatian sejak tampil ciamik di The Gatsby bersama Leonardo Dicaprio hingga masuk jagad Marvel, The Guardian of Galaxy Vol.2. Sebagai pendukung ada Colin Farrell dan Robert Duvall, berhasil menampilkan sosok politisi aristokrat.

Urusan tata suara, Maestro Hans Zimer peraih sejumlah penghargaan, mulai dari Oscar dan lain-lain, membuat film ini semakin apik. Satu lagu favorite saya sempat muncul dalam film yang terkesan “dark” ini.

Widows akan mulai tayang 7 Desember nanti, meskipun tanggal 1 besok sudah tayang sebagai film tengah malam disejumlah theater tertentu. (HQEEM)